PENELITIAN
Program Penelitian

Penelitian Inovasi Teknologi (PIT)

Penelitian Inovasi Teknologi (PIT) bertujuan untuk menghasilkan inovasi teknologi yang digunakan pada lingkungan masyarakat/institusi/instansi baik pemerintah maupun swasta berupa alat. Alat tersebut tentunya sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi. Contoh jenis penelitian adalah: keran air menggunakan arduino, pembuatan kursi kerja yang ergonomi, smart office (ruang kerja yang berbasis teknologi, menghidupkan lampu dan komputer hanya dengan sensor suara/gerakan), dan lain sebagainya. Produk seperti: buku ajar, software (game, e-book) dan website.

Penelitian  Unggulan Program Studi (PUPS)

Penelitian Unggulan Program Studi (PUPS). Penelitian ini sebagai sarana pengembangan kemampuan dosen dalam melakukan penelitian berdasarkan masalah/fenomena penting (urgen) yang dialami pada masyarakat Kota Batam atau Provinsi Kepulauan Riau. Dengan tujuan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dan tentunya arah penelitian ini adalah tema unggulan program studi. Keselarasan penelitian dengan tema unggulan program studi menjadi hal yang wajib. Contoh jenis penelitian: analisis deskriptif, kajian kebijakan, kajian putusan pengadilan, rancang bangun software dan lain sebagainya

Penelitian Peningkatan Kapasitas (PPK)

Penelitian Peningkatan Kapasitas (PPK). Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatan kapasitas penelitian Universitas Putera Batam. Untuk jenis penelitian ini dosen wajib melibatkan mahasiswa sebagai anggota tim peneliti. Hal ini berguna sebagai ajang transfer knowledge antara dosen dengan mahasiswa dalam hal meneliti. Cakupan dari penelitian ini: studi literatur, analisis deskriptif, dan lain sebagainya.