BERITA
Workshop Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
Sumber : LPPM / Kategori : Events / Post date : 05-11-2022

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melaksanakan kegiatan Workshop Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif pada Hari Jumat, tanggal 4 November 2022 mengusung tema Penguatan Kompetensi Peneliti Pada Perancangan Riset Kompetitif dan Kontemporer.

Acara workshop Metode Penelitian Kualittaif dan Kuantitatif tentunya ada dasar yang melatarbelakanginya dimana karya tulis ini dapat berupa hasil kegiatan penelitian, studi literature, studi kasus dan/atau perancangan dengan melakukan analisis keilmuan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Dalam meyelesaikan tugas akhir sebagai syarat mendapatkan gelar Sarjana, mahasiswa harus melalui serangkaian kegiatan yang saling berkaitan, dikarenakan skripsi/tugas akhir merupakan karya tulis ilmiah yang dikerjakan mahasiswa menjelang akhir studinya. Oleh karena itu tentu saja, penggunaan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif sangat perlu dipahami oleh setiap mahasiswa dan sejenisnya.

Acara Workshop Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif pada Jumat, 4 November 2022 dilakukan melalui Microsoft Teams dengan awalan pembukaan acara oleh Ibu Etika Khairina, S.Sos., M.I.P. Pada kegiatan workshop ini, diawali dengan kata sambutan hangat untuk menyapa undangan narasumber yang hadir beserta hadirin peserta  yang juga turut mengikuti kegiatan dari Ibu Dr. Nur Elfi Husda, S.Kom., M.SI sebagai  Rektor Universitas Putera Batam. Kata sambutan juga disampaikan oleh Kepala LPPM Universitas Putera Batam yakni Bapak Tukino, S.Kom., M.SI. Pemaparan materi narasumber pertama ialah Bapak Prof. Dr. Usmeldi, M.Pd. Beliau ialah seorang Guru Besar Universitas Negeri Padang (UNP). Adapun narasumber ke-2, Bapak Inda Sukati, S.E., M.Si., PhD. Beliau pada saat ini adalah seorang Asisten Ahli di Universitas Putera Batam.

Acara Workshop Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif ini dimulai dengan penyampaian materi oleh Bapak Prof. Dr. Usmeldi, M.Pd. dengan lebih menekankan pda materi metode penelitian kualitatif. Beberapa poin penting yang dapat diambil antara lain tahapan-tahapan penelitian kualitatif dengan melakukan pengamatan lapangan, keabsahan data, dan harus mengetahui apa yang menjadi fokus masalah dalam penelitian. Penulis juga harus dapat menguraikan setipa fenomena yang ditemui. Adapun data-data yang ada harus duji keabsahan datanya.  Pada proses metode penelitian kualitatif akan menghasilkan kesimpulan dan implikasi.

Pemaparan materi dilanjutkan oleh Bapak Inda Sukati, S.E., M.Si., PhD yang fokus pada metode penelitian kuantitatif. Pada metode penelitian kuantitatif penulis perlu memperhatikan prinsip dasar desain penelitian apakah lebih kepada ontology atau epistemology. Metode penelitian kuantitatif merupakan upaya menjelaskan fenomena dengan mengumpulkan dan menganalisis data numerik. Setiap data perlu dikelompokkan supaya diketahui kecondongan/distribusi rentang, varians, dan simpangan bakunya. Hal-hal yang perlu dianalisis pada penelitian kuantitatif yaitu alasan yang mendasari penelitiannya dan narasinya. Tiga hal penting lainnya yang juga menjadi faktor utama ialah validitas, keandalan dan kepercayaan data yang dikumpulkan.

Kesimpulan dari kegiatan workshop metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dapat dipetik dari pemaran kedua narasumber adalah bahwa pada awal penelitian perlu dipahami metode apa yang digunakan baik menempatkan metode kualitatif dan kuantitatif secara simultan, penggunaan metode kuantitatif diikuti kualitatif atau sebaliknya atau menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif secara terpisah. Adapun jenis pendekatan yang dipilih akan ditentukan oleh pertanyaan, sikap epistemologis dan ontologis dan keterampilan atau kemampuan untuk menggunakan pendekatan tertentu