BERITA
Kepala LPPM-UPB Hadiri Sosialisasi INSINAS dan PPTI
Sumber : LPPM UPB / Kategori : Berita / Post date : 16-11-2018

Jumat, 16 November 2018 kemaren, Direktorat Pengembangan Teknologi Industri Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mengundang beberapa pimpinan universitas, pimpinan perusahaan industri dan kepala pemerintah kota batam untuk menghadiri sosialisasi INSINAS dan PPTI untuk industri-industri, perguruan tinggi, lembaga litbang dan instansi/badan pemerintah yang ada di area Batam dan di Provinsi Kepulauan Riau serta kawasan sekitarnya.

 

Universitas Putera Batam dalam hal ini diwakili oleh Kepala LPPM Ibu Nia Ekawati, S.Kom., M.SI. Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI) tahun 2019.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Utama Politeknik Negeri Batam ini dibuka oleh walikota batam yang diwakili ketua ISEI kota Batam.

Berdasarkan Panduan Program Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (INSINAS) TAHUN 2019 yang diterbitkan oleh Direktorat Pengembangan Teknologi Industri, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Sistem Inovasi Nasional (SINas) merupakan suatu kesatuan fungsional yang saling berinteraksi dan bertujuan untuk mengembangkan inovasi nasional, meningkatkan kemampuan iptek, serta meningkatkan daya saing. Penguatan SINas telah menjadi kebijakan sejak diadakan Rakornas Iptek tahun 2008 dan perlu didukung secara konsisten oleh Kemenristekdikti dan para stakeholder.

Selama ini Kemenristekdikti memberikan dukungan untuk penguatan SINas melalui instrumen kebijakan pendanaan riset seperti Program Insentif Riset Sistem Inovasi Nasional (Insinas), dan Program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI). Insinas merupakan bantuan pendanaan riset yang diselenggarakan dengan misi utama untuk penguatan Sistem Inovasi Nasional melalui peningkatan sinergi, peningkatan produktivitas, dan pendayagunaan sumberdaya litbang nasional. PPTI adalah sebuah program untuk meningkatkan relevansi dan produktivitas litbang untuk memenuhi kebutuhan teknologi di industri. Sedangkan inovasi industri bertujuan mendorong hilirisasi teknologi hasil penelitian dan pengembangan dan meningkatkan kapasitas industri dalam memanfaatkan hasil litbang dalam negeri. Ketiganya merupakan program insentif yang bersifat seri, dari teori sampai dengan implementasi.