BERITA
Jurnal UPB Menuju Jurnal Terakreditasi
Sumber : LPPM UPB / Kategori : Events / Post date : 17-12-2018

LPPM mengadakan Workshop PELATIHAN PERSIAPAN JURNAL TERAKREDITASI sabtu, 15 Desember 2018. Bertempat di Aula Gedung Y Universitas Putera Batam, Workshop ini diadakan guna mensosialisasikan sekaligus memberikan pelatihan kepada masing-masing pengelola jurnal mengenai proses pengelolaan berkala ilmiah dan pada akhirnya mencapai jurnal yang terakreditasi.

Kemajuan sebuah perguruan tinggi salah satunya diukur melalui kemampuannya dalam pengelolaan dan mengelola jurnal ilmiah. Akan tetapi kualitas pengelolaan jurnal harus diimbangi dengan penelitian aktif oleh para dosen yang hasilnya dipublikasikan melalui jurnal bereputasi, baik nasional maupun internasional. Aktivitas pengelolaan jurnal ilmiah saat ini diarahkan dalam bentuk daring (online) agar akses semakin mudah dan luas dibandingkan dengan jurnal cetak. Salah satu sistem pengelolaan yang banyak digunakan saat ini adalah Open Journal Sistem (OJS). Melalui OJS pengelolaan jurnal lebih tertata dan terdokumentasi secara baik dan rapi.

Jurnal online yang ada di UPB hingga saat ini sebanyak 10 jurnal. Jurnal tersebut dikelola masing-masing program studi sesuai dengan bidangnya. Publikasi diterbitkan dua kali setahun sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Diantara jurnal tersebut adalah: Jurnal Akuntansi Barelang (JAB), Jurnal Ilmiah Manajemen (JIM), Dialektika Publik: Jurnal Administrasi Negara,  COMMED: Jurnal Komunikasi dan Media, Jurnal Cahaya Keadilan, Jurnal Rekayasa Sistem Industri, Computer Based Information System Journal, Jurnal Ilmiah Informatika, BASIS: Jurnal Bahasa dan Sastra Inggris, Charta Humanika dan Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK). Sedangkan untuk publikasi hasil pengabdian kepada masyarakat pada Jurnal Abdimas: Pengabdian Kepada Masyarakat.

Terkait dengan perkembangan tersebut, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM-UPB) bermaksud mengadakan Workshop Pelatihan Persiapan Jurnal Terakreditasi dengan tema “Peningkatan Kualitas Jurnal Dalam Era Digital” dengan mengundang narasumber dari DIKTI diharapkan pengelola jurnal dari seluruh program studi di UPB untuk mengikuti Workshop ini. Tujuan dari Workshop ini adalah untuk mensosialisasikan sekaligus memberikan pelatihan kepada masing-masing pengelola jurnal mengenai proses pengelolaan berkala ilmiah dan pada akhirnya mencapai jurnal yang terakreditasi.

Dwi Ridho Aulianto, S.Hum. selaku narasumber mengharapkan semoga pengelolaan jurnalnya semakin maju. Beliau juga menambahkan “di tahun 2019 ada jurnal yang terakreditasi yang sebenarnya pengelolaan secara elektronik, jadi setiap pengelola jurnal memahami bagaimana proses elektroniknya sehingga penulis jurnal maupun reviewer bisa menggunakannya dengan baik, Harapan saya semoga pengelolaan jurnal di Universitas Putera Batam semakin oke”.

Rektor Universitas Putera Batam, Ibu Dr. Nur Elfi Husda, S.Kom., M.SI sangat berterimakasih kepada pengelola jurnal dan berharap tahun depan jurnal yang ada bisa mendapat peringkat akreditasi.

“terimakasih kepada Pengelola Jurnal dan Dosen karena bersemangat dan bersedia hadir untuk mengikuti pelatihan jurnal terakreditasi ini, dan tentu saja harapannya tahun depan kita bisa memajukan jurnal-jurnal yang ada di Putera Batam bisa mendapat peringkat akreditasi”. (TEF)