BERITA
SNISTEK 4 Tahun 2022
Sumber : LPPM UPB / Kategori : Events / Post date : 25-01-2022

SUKSES SNISTEK 4!!! Kegiatan ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh LPPM Universitas Putera Batam.

Proyeksi hasil perguruan tinggi adalah berkembangnya kapasitas sumber daya manusia yang mampu melakukan adaptasi terhadap perubahan serta membawa perubahan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup.  Penelitian dan Pengabdian masyarakat saat ini menjadi salah satu  faktor pendukung dalam menguatkan peluang untuk membentuk tatanan keilmuan yang baik  dari segi sector pemetaan keilmuan dalam perguruan tinggi. Hal ini terlihat dari  berbagai macam bentuk penelitian dan pengabdian yang dilakukan sampai dengan saat ini,  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tentunya membuka ruang dalam meningkatkan  kualitas hidup serta cermin peradaban dari masa-masa yang lalu sampai dengan saat ini  pada masa pandemi Covid-19.

Hal ini tentunya selaras dengan melihat setiap persoalan atau fenomena dilapangan  sebagai bagian dari realitas sosial dan realitas perkembangan teknologi, penelitian dan juga pengabdian kepada masyarakat tentunya hadir sebagai satu kontribusi untuk menunjang  masalah-masalah yang praktis dan juga teoritikal sebagai landasan kontribusi terhadap bangsa dan juga negara.

Riset atau penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dimaknai sebagai suatu proses penggalian informasi perkembangan dan implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilakukan secara sistematis, valid dan efektif. Riset atau penelitian dan pengabdian  kepada masyarakat juga menjadi bagian dari kegiatan menginterpretasikan ilmu pengetahuan  dan teknologi untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penyelidikan  intelektual ini dapat menciptakan suatu pengetahuan yang lebih mendalam dari suatu peristiwa, teori dan hukum serta memberikan potensi peluang untuk diimplementasikan  secara praktis. Oleh karena itu, riset atau penelitian memegang peranan penting dalam kehidupan manusia.

SNISTEK 4 Tahun 2022 sangat berbeda dengan 3 (tiga) kegiatan SNISTEK sebelumnya, karena  SNISTEK 4 dilaksanakan secara daring (Online) dengan menggunakan Zoom Meeting. Kegiatan ini dilaksanakan di Universitas Putera Batam pada hari Jum’at, Tanggal 14 Januari 2022 dan dimulai pada pukul 09.00 WIB – 11.30 Seminar Nasional dan di Lanjutkan Jam 13.00 s.d 17.00 Call Paper dengan diikuti oleh 19 Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia ((1).  Universitas Putera Batam; (2). Universitas Wijaya Putra Surabaya; (3). Universitas  Muhammadiyah Tangerang; (4). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta; (5). STMIK Primakara  Denpasar Bali; (6). Universitas Muhammadiyah Surakarta; (7). UPI YPTK Padang; (8).  Universitas Internasional Batam; (9). Universitas Majalengka Bandung; (10). Universitas  Ahmad Dahlan Yogyakarta; (11). Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali; (12).  Universitas Sebelas Maret Solo; (13). Telkom University Bandung; (14). Sekolah Tinggi  Teknologi Indonesia Tanjungpinang; (15). UPN "Veteran" Jawa Timur; (16). Universitas Suryakancana Bandung; (17). Universitas Sangga Buana Bandung; (18). Politeknik Negeri  Bandung; & (19). Universitas Universal Batam.) dengan mengangkat tema "Penguatan Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Era New Normal  Melalui Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat".

Yang paling menarik dari kegiatan ini adalah kehadiran keynote speaker yang merupakan  orang-orang yang sangat berpengalaman di bidangnya, yaitu: Bapak Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D. (Ketua Umum APTIKOM), Bapak Prof. Dr. Rahadian Zainul, S.Pd., M.Si.,  CSCU., CEH. (Kepala Pusat Inovasi LP2M UNP & Kepala Pusat Riset CAMPBIOTICS LP2M UNP)  dan Ibu Dr. Nur Elfi Husda, S.Kom., M.SI. (Rektor Universitas Putera Batam).

Setelah penyampaian materi oleh keynote speaker, kegiatan dilanjutkan dengan seminar  paralel pada 6 (enam) ruang seminar daring (online). Kegiatan seminar paralel dipandu oleh Bapak Tukino, S.Kom., M.SI; Bapak Dr. Wasiman, S.E., M.M.; Ibu Erlin Erlisa, S.Kom., M.Kom; Bapak Rahmat Fauzi, S.Kom., M.Kom; Bapak Andi Maslan, S.T., M.SI; & Ibu Nofriani Fajrah, S.T., M.T.

Akhir kata, Sukses SNISTEK 4 Tahun 2022. Sampai jumpa lagi di SNISTEK 5. Stay Connected.