BERITA
Coaching Publikasi Artikel Pada Jurnal Internasional Bereputasi dan Scopus
Sumber : LPPM / Kategori : Events / Post date : 11-10-2022

Strategi Publikasi Artikel Pada Jurnal Internasional Bereputasi dan Scopus (Strategy for Publication of Articles in Reputable International Journal and Scopus) dengan tema "Meningkatkan Publikasi Ilmiah Sivitas Akademika Universitas Menuju Society 5.0"

Kegiatan Coaching Publikasi Artikel Pada Jurnal Internasional Bereputasi dan Scopus yang dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2022 dari jam 14.00 -16.30 WIB di Universitas Putera Batam, kampus Tembesi. Kegiatan Strategi Publikasi Artikel Pada Jurnal Internasional Bereputasi dan Scopus dilatarbelakangi oleh publikasi ilmiah yang dilakukan untuk mencapai tingkat obyektivitas setinggi mungkin. Publikasi ilmiah sebagai salah satu indikator capaian target civitas akademika universitas putera batam yang telah melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat. Coaching strategi publikasi pada jurnal internasional bereputasi dan scopus ini sebagai upaya LPPM Universitas Putera Batam meningkatkan kapasitas para sivitas akademika dalam menulis artikel ilmiah.

Kegiatan Strategi Publikasi Artikel Pada Jurnal Internasional Bereputasi dan Scopus bertujuan untuk meningkatkan kapasitas publikasi ilmiah yang terindeks Scopus dalam memenuhi capaian dalam penelitian. Adapun tema yang diangkat ialah Meningkatkan Publikasi Ilmiah Sivitas Akademika Universitas Menuju Society 5.0. Narasumber yang menjadi pembicara dalam Kegiatan Meningkatkan Publikasi Ilmiah Sivitas Akademika Universitas Menuju Society 5.0 yakni Ibu Dr. Unung Verawardina, M.Pd dan Ibu Erita Astrid, S.T., M.S.

Materi pertama yang dipresentasikan Ibu Dr. Unung Verawardina, M.Pd yang mengangkat judul materi tentang Menulis Artikel Ilmiah di Jurnal International Bereputasi dimana jurnal merupakan publikasi periodic yang isinya adalah sejumlah artikel yang diterbitkan secara berkala pada interval tertentu, Jurnal International Bereputasi ditulis menggunakaan Bahasa resmi PBB dan terindeks oleh pemeringkat internasional. Artikel ilmiah yang diterbitkan dalam satu Nomor terbitan paling sedikit penulisnya berasal dari dua negara. Hal-hal yang perlu juga diperhatikan antara lain mengenai Langkah menerbitkan jurnal, bagaimana proses submit dan review. Contoh Jurnal dapat dicari pada Scopus, Scimago, Jurnal Terindeks, dan Jurnal Terakreditasi.

Dilanjutkan oleh pembicara kedua oleh Ibu Erita Astrid, S.T., M.S mengangkat topik mengenai "English Manuscript Preparation" yang membahas mengenai bagaimana cara menerbitkan makalah di jurnal internasional, mempersiapkan draft, paraphrasing, translation, proofreading, dan similarity check.  Adapun preparing draft dapat menggunakan bahasa formal, dapat menggunakan bentuk active voice ataupun passive voice dan menggunakan kosakata akademik. Parafrase berarti menulis ulang informasi yang sama dengan cara yang berbeda.