BERITA
LPPM UPB selenggarakan sosialisasi RIRN
Sumber : LPPM UPB / Kategori : Berita / Post date : 08-07-2018

LPPM UPB selenggarakan sosialisasi RIRN. pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peneliti terkait dengan hasil riset dan juga untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas riset dosen.

sosialisasi ini disampaikan oleh ibu Nia Ekawati, S.Kom., M.SI selaku Kepala LPPM didampingi ibu Titik Efnita, S.E., BBA (Hons)., M.M. yang juga menjabat sebagai kepala bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Acara ini juga dihadiri rektor universitas putera batam ibu dr. Nur Elfi Husda, S.Kom., M.SI. beliau mendorong dosen dilingkungan Universitas agar mampu mewujudkan visi dan misi dari RIRN yaitu "Indonesia 2045 Berdaya Saing dan Berdaulat Berbasis Riset". "Indonesia 2045 Berdaya Saing" mengandung makna bahwa riset menjadi motor utama untuk menghasilkan invensi dan inovasi yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan daya saing bangsa. Sedangkan "Berdaulat berbasis riset" mengandung makna bahwa RIRN menjadi titik awal membentuk Indonesia yang mandiri secara sosial ekonomi melalui penguasaan dan keunggulan kompetitif iptek yang tinggi secara global.

Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) Tahun 2017-2045 disusun untuk menyelaraskan kebutuhan riset jangka panjang dengan arah pembangunan nasional terkait ilmu pengetahuan dan teknologi. RIRN menjadi penting karena pembangunan nasional membutuhkan perencanaan sektoral untuk mengintegrasikan langkah-langkah yang terpadu dan terintegrasi, khususnya antar Kementerian/Lembaga, untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaannya.