BERITA
LPPM UPB Gelar Monitoring dan Evaluasi PDP
Sumber : LPPM UPB / Kategori : Berita / Post date : 05-10-2018

LPPM Gelar monitoring dan evaluasi Penelitian Dosen Pemula pada tanggal 10 dan 11 Oktober mendatang. Monev ini akan dilaksanakan di kampus Pusat Universitas Putera Batam yang diikuti oleh dosen lingkungan Universitas Putera Batam sebanyak 38 orang.

 

Monitoring dan evaluasi adalah kegiatan Monitoring dan Evaluasi (M&E) merupakan dua kegiatan terpadu dalam rangka pengendalian suatu program. Meskipun merupakan satu kesatuan kegiatan, Monitoring dan Evaluasi memiliki fokus yang berbeda satu sama lain. Kegiatan monitoring lebih terfokus pada kegiatan yang sedang dilaksanakan. Monitoring dilakukan dengan cara menggali untuk mendapatkan informasi secara regular berdasarkan indikator tertentu, dengan maksud mengetahui apakah kegiatan yang sedang berlangsung sesuai dengan perencanaan dan prosedur yang telah disepakati. Indikator monitoring mencakup esensi aktivitas dan target yang ditetapkan pada perencanaan program.

Apabila monitoring dilakukan dengan baik akan bermanfaat dalam memastikan pelaksanaan kegiatan tetap pada jalurnya (sesuai pedoman dan perencanaan program). Juga memberikan informasi kepada pengelola program apabila terjadi hambatan dan penyimpangan, serta sebagai masukan dalam melakukan evaluasi. Dalam hal ini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPB mengadakan monitoring dan evaluasi sesuai dengan peraturan dari kemenristekdikti. diharapkan kegiatan ini berlangsung dengan lancar sesuai dengan apa yang telah direncakan. (TEF)