BERITA
Coaching Clinic Proposal Penelitian Hibah DIKTI 2023
Sumber : LPPM / Kategori : Berita / Post date : 25-03-2023

Penelitian Hibah DIKTI adalah program hibah penelitian yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dengan mendorong pengembangan penelitian yang berkualitas dan inovatif.

Pada Hari Jumat, Tanggal 24 Maret 2023 LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) UPB kembali mengadakan kegiatan Coaching dengan mengangkat judul “Clinic Proposal Penelitian Hibah DIKTI” dengan pemilihan Tema Menembus dan Lolos dalam Penelitian Hibah DIKTI 2023. Hal yang melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan coaching ini tentunya bertujuan untuk peningkatan kualitas pendidikan di Universitas Putera Batam dan semakin mengembangkan penelitian yang berkualitas. Kegiatan Coaching Clinic Proposal Penelitian Hibah DIKTI diawali dengan kata sambutan dari Rektor Universitas Putera Batam Ibu Dr. Nur Elfi Husda, S.Kom., M.SI sebagai penanggung jawab kepada undangan narasumber dan para dosen yang ikut bergabung. Tak lupa juga kepala LPPM Bapak Tukino, S.Kom., M.SI sebagai ketua pelaksana yang juga memberi penyambutan kepada narasumber yang telah memenuhi undangan dari Universitas Putera Batam khususnya bagian LPPM.

Narasumber yang hadir untuk memberi pemaparan materi ialah Bapak Prof. Dr. Usmeldi, M.Pd yang menjabat sebagai Guru Besar di Universitas Negeri Padang serta pembawa acara yang mengatur jalannya acara kegiatan Coaching kali ini ditugaskan kepada Ibu Yunisa Oktavia, S.Pd., M.Pd. Pada kesempatan awal pemaparan materi, Bapak Prof. Dr. Usmeldi, M.Pd menyampaikan  tentang kiat sukses menyusun proposal hibah DIKTI. Beliau juga memberi arahan bagaimana reviewer menelaah proposal dan evaluasi administrasinya. Beliau juga menekankan supaya segera mendaftar untuk mendapat username dan password. Hal yang perlu diperhatikan ialah jumlah kata dan isi yang harus sesuai dengan skema. Adapun Syarat-syarat yang harus dipenuhi ialah pangkat dan gelar akademik serta jumlah publikasi terindek.     

Bapak Prof. Dr. Usmeldi, M.Pd juga menghimbau rekomendasi penyusunan proposal dengan menghindari plagiasi dalam bentuk apapun dengan memperhatikan kompetensi tim peneliti dengan topik penelitian yang diajukan dan wajib mencantumkan road map penelitian. Topik penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebaiknya disesuaikan pula dengan panduan yang berlaku. Format proposal penelitian yang lengkap mencakup identitas, ringkasan dengan jumlah kata kurang lebih dari 500, latar belakang, tinjauan pustaka, metode, luaran dan target capaian, rencana anggaran biaya, jadwal, daftar pustaka dan pernyataan mitra. Beliau juga menyelipkan mengenai prinsip dasar dalam pengabdian kepada masyarakat yang harus berbasis kewilayahan, berdasarkan permasalahan, kegiatan terstruktur dan harus tuntas serta bermakna.

Dari point penting pemaparan materi yang disampaikan oleh narasumber dan hasil diskusi ialah para peneliti dapat mengidentifikasi dan memperbaiki proposal penelitian dosen yang telah direview, serta membantu para dosen dalam memperkuat argumen dan metodologi penelitian yang digunakan. Besar harapan dari pelaksanaan coaching “Clinic Proposal Penelitian Hibah DIKTI” dapat membantu para peneliti dosen Universitas Putera Batam untuk menyusun proposal penelitian yang baik dan benar agar lolos seleksi. Karena hal ini juga menjadi target capaian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)Universitas Putera Batam.