BERITA
Clinic Proposal Penelitian Hibah DIKTI 2024
Sumber : LPPM / Kategori : Events / Post date : 25-11-2023

Pada Hari Jumat Tanggal 24 November 2023 LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Universitas Putera Batam kembali mengadakan kegiatan Coaching dengan mengangkat judul “Clinic Proposal Penelitian Hibah DIKTI” dengan pemilihan Tema “Tips dan Trik Lolos Penelitian Hibah DIKTI 2024”.

Kegiatan ini kali kedua dilaksanakan di Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyaraka (LPPM) Universitas Putera Batam. Kegiatan ini dihadiri oleh semua dosen Universitas Putera Batam dan Narasumber dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yaitu Bapak Dr. Khoirul Himmi Setiawan yang menjabat sebagai Peneliti Ahli Utama (Principal Researcher).

Kegiatan ini penting dilakukan mengingat Dosen sebagai akademisi harus terus meningkatkan kualitas penelitian dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, disamping itu secara khusus kegiatan ini menjadi sebuah upaya untuk meningkatkan Pemahaman dan motivasi para dosen dalam kompetisi hibah penelitian, serta meningkatkan jumlah proposal untuk mengikuti usulan pendanaan penelitian tahun 2024 mendatang. hal tersebut disampaikan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyaraka (LPPM) Universitas Putera, Batam bapak Tukino, S.Kom., M.SI sebagai pembuka kegiatan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu strategi yang ditempuh untuk terus meningkatkan Kualitas penelitian dosen universitas putera batam dan meningkatkan jumlah proposal penelitian dan pengabdian kepada msyarakat di tahun 2024 mendatang sehingga ddengan banyaknya jumlah dosen yang lulus nantinya maka akan memberikan rekam jejak para dosen di kemenristekdikti yang secara otomatis menambah nilai peringkat universitas putera batam sesuai dengan harapan.

Poin penting yang disampaikan oleh Bapak Dr. Khoirul Himmi Setiawan dalam menyusun proposal penelitian ada bagian-bagian penting yang perlu diperhatikan yaitu apa urgensi penelitian yang dilakuakan ? dan bagaimana penelitian tersebut dilakukan? Beliau juga menghimbau penyusunan proposal bebas dari plagiasi dalam bentuk apapun, peneliti wajib mencantumkan road map penelitian. Pada bagian Topik penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebaiknya disesuaikan dengan panduan/Format proposal mulai dari Jumlah Maksimum Kata, dalam Latar Belakang, tinjauan pustaka, metode, luaran dan target capaian, rencana anggaran biaya, jadwal, daftar pustaka dan pernyataan mitra. Beliau juga menyelipkan mengenai prinsip dasar dalam pengabdian kepada masyarakat yang harus berbasis kewilayahan, berdasarkan permasalahan, kegiatan terstruktur dan harus tuntas serta bermakna.

Diakhir penyampaian beliau juga menegaskan bahwa para peneliti dapat mengidentifikasi dan memperbaiki proposal penelitian dosen yang telah direview, serta membantu para dosen dalam memperkuat argumen dan metodologi penelitian yang digunakan. Besar harapan dari pelaksanaan coaching “Clinic Proposal Penelitian Hibah DIKTI” dapat membantu para peneliti dosen Universitas Putera Batam untuk menyusun proposal penelitian yang baik dan benar agar lolos seleksi. Karena hal ini juga menjadi target capaian dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Putera Batam.